Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta – Sobat tiket mau tahu fakta menarik? Nyataya, Jakarta juga bisa menyediakan pesona wisata dari sisi yang berbeda nih, buat kamu yang mau menghabiskan waktu liburan. Tempat-tempat ini juga menakjubkan, lho!

Kamu bisa cobain sensasi wisata sejarah di ibu kota negara kita ini. Ada banyak pilihan tempat wisata bersejarah yang bisa mengingatkan kita tentang perjuangan para Pahlawan untuk memerdekakan Indonesia.

Ingin liburan dan berkunjung ke beberapa tempat wisata bersejarah di Jakarta? Berikut ini 8 tempat wisata bersejarah di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Eits, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ya saat kamu mengunjungi tempat-tempat ini.

Baca Juga:

Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta

Berkunjung ke tempat wisata bersejarah bisa membuat kamu jadi paham mengenai apa saja peninggalan yang ada hingga membentuk masa seperti sekarang ini.

Kamu juga jadi bisa menimbulkan rasa empati, cinta, dan menghargai atas jasa-jasa para pejuang dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun, jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan ya, saat kamu berwisata di tempat wisata bersejarah di Jakarta berikut ini.

1. Anjungan Daerah Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat Wisata Bersejarah - taman mini

Tempat wisata bersejarah ini emang wajib banget untuk kamu kunjungi deh, sobat tiket. Karena, dengan masuk ke Anjungan Daerah TMII ini kamu seakan dibawa keliling Indonesia dalam waktu sehari.

Tempat wisata bersejarah ini menampilkan dengan lengkap rumah adat dan juga segala macam bentuk peninggalan sejarahnya.

Seperti pakaian adat, benda sejarah, peralatan kesenian, hasil kerajinan tangan, dan lain sebagainya dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Mengingat di zaman ini rumah adat asal masing-masing provinsi sudah semakin langka, jadi kalau kamu penasaran seperti apa sih rumah adat dan peninggalan sejarah, langsung aja ke sini!

Harga: Rp20.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-22.00 WIB

Alamat: Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Cek di Google Maps)

2. Museum Fatahillah

Historical Places in Jakarta

Museum yang juga dikenal dengan sebutan Kota Tua ini memang memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui.

Karena, tidak hanya soal peninggalan sejarahnya saja, tetapi juga soal misteri yang ada di museum ini. Sebelumnya, Museum Fatahillah ini difungsikan sebagai Balai Kota Batavia di abad 17-19an, di zaman penjajahan Belanda.

Historical Places to Visit in Jakarta

Di lantai satu museum ini, kamu bisa melihat beberapa peninggalan dari zaman VOC, mulai dari patung, keramik, dan beberapa peninggalan lainnya.

Kamu juga bisa melihat penjara bawah tanah yang pernah mengurung Pangeran Diponegoro dan juga Cut Nyak Dien lho, sobat tiket! Penjara ini akan terendam air setiap kali air laut sedang pasang.

Harga: Rp2.000 (anak-anak), Rp5.000 (dewasa)*

Jam & hari buka: Selasa-Senin, 09.00-15.00 WIB

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat (Cek di Google Maps)

3. Monumen Nasional

Historical Places in Jakarta

Siapa yang tidak tau dengan tempat wisata sejarah di Jakarta satu ini? Monumen Nasional atau Monas menjadi ikon dari Kota Jakarta.

Selain memiliki taman yang berfungsi sebagai paru-paru kota, monumen dengan tugu emas ini menjadi bangunan bersejarah di Jakarta yang menyimpan rekaman suara asli Presiden Soekarno saat berpidato dan membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Monumen setinggi 132 meter ini bisa membuat kamu menikmati keindahan Kota Jakarta dari ketinggian. Tidak hanya di bagian Monumen nya saja, taman di sekitar Monas ini juga bisa menjadi tempat wisata dan berkegiatannya masyarakat sekitar.

Harga: Rp5.000 (anak-anak), Rp10.000 (pelajar), Rp15.000 (dewasa) untuk ke puncak monumen*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-22.00 WIB

Alamat: Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat (Cek di Google Maps)

4. Museum Nasional Indonesia

Tempat Wisata Bersejarah -museum nasional indonesia

Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah. Museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat ini salah satu Museum terlengkap dan Tertua di Indonesia lho.

Tempat wisata bersejarah di Jakarta yang satu ini merupakan Museum yang memiliki ribuan patung dan arca peninggalan sejarah.

Historical Places to Visit in Jakarta

Ikon patung gajah menjadi ciri khas dari Museum ini. Kamu yang tertarik untuk melihat-lihat prasasti, arca, dan patung-patung dari zaman pra sejarah bisa banget berkunjung ke Museum ini. Selain itu, ada banyak spot yang instagramable juga lho untuk kamu yang menyukai fotografi.

Harga: Rp2.000 (anak-anak), Rp5.000 (dewasa)*

Jam & hari buka: Selasa-Jumat, 08.00-16.00 WIB & Sabtu-Minggu, 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat (Cek di Google Maps)

5. Gedung Arsip Nasional

Historical Places to Visit in Jakarta

Unik, Gedung Arsip Nasional ini seringkali dijadikan tempat untuk resepsi pernikahan nih, sobat tiket. Bangunan bersejarah di Jakarta ini memang memiliki bangunan yang masih kental sekali dengan zaman Kolonial Belanda.

Historical Places to Visit in Jakarta

Sebelumnya, Gedung ini merupakan rumah dari Gubernur Jendral VOC, Reinier de Klerk pada abad 18. Namun, sepanjang sejarahnya, tempat ini seringkali beralih fungsi mulai dari panti asuhan, Departemen Pertambangan, hingga saat ini dijadikan sebagai tempat menyimpan arsip nasional.

Harga: gratis*

Jam & hari buka: Senin-Jumat, 08.00-15.00 WIB

Alamat: Jl. Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat (Cek di Google Maps)

6. Galangan VOC

Historical Places to Visit in Jakarta

Tempat bersejarah di Jakarta lainnya adalah Galangan VOC. Sobat tiket tau nggak sih, kalau Galangan VOC ini merupakan bangunan penting yang merekam jejak perdagangan Belanda di Batavia?

Historical Places to Visit in Jakarta

Di tempat ini juga, aktivitas perdagangan internasional terjadi dengan kapal-kapal besar pembawa rempah-rempah dari Indonesia ke beberapa negara.

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari

Alamat: Jl. Kakap No.1a, RT.20/RW.17, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara (Cek di Google Maps)

7. Pelabuhan Sunda Kelapa

Historical Places to Visit in Jakarta

Satu lagi nih, sobat tiket, tempat wisata bersejarah di Jakarta, yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa ini sempat menjadi pelabuhan tersibuk dan terjaya pada zaman Belanda, lho.

Historical Places to Visit in Jakarta

Pelabuhan tertua ini juga dikelilingi oleh beberapa situs bersejarah, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, dan beberapa Museum lainnya. Jadi, kamu bisa melakukan one day trip ke beberapa tempat bersejarah ini deh, sobat tiket.

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari

Alamat: Jl. Maritim I, RT.11/RW.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Cek di Google Maps)

8. Masjid Istiqlal

Pertama kali dibuka pada tahun 1978, Masjid Istiqlal ini menjadi masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Jakarta Pusat dan berdekatan dengan Gereja Katedral Jakarta yang juga sangat kaya akan cerita sejarah.

Nah, apakah sobat tiket sudah tahu bahwa Presiden Soekarno dulunya mengawasi pembangunan dari masjid ini? Fakta menarik seperti ini bisa kamu temukan di tempat ini, lho!

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat (Cek di Google Maps)

Belajar Sejarah Bisa Seseru Ini

Liburan ke tempat penuh sejarah yang ada di Jakarta pasti seru banget kalau kamu ajak keluargamu juga. Nah, untuk keliling Jakarta dengan lebih aman dan nyaman, kamu bisa pesan sewa mobil lepas kunci di tiket.com. Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan privasi untuk jalan-jalan sama orang tersayang!

mau ke mana? semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber by [author_name]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here