[Update 07 Juni 2021

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali – Hai-hai, sobat tiket! Siapa nih yang udah nggak sabar buat liburan ke luar negeri lagi? 

Kamu tau nggak sih, beberapa negara di dunia sudah mulai membuka negara mereka untuk turis, lho. Jadi, kamu yang rindu liburan dan mau refreshing sejenak, bisa mengunjungi negara-negara ini.

Namun tentunya, akan ada sejumlah persyaratan yang wajib untuk dipatuhi ya, sobat tiket. Seperti mematuhi protokol kesehatan, hingga melampirkan surat keterangan bebas COVID-19. Yuk, cari tau negara mana saja yang sudah bisa dikunjungi untuk berlibur.

Baca juga: 

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali untuk Turis

Berikut ini list negara yang mulai membuka kembali negara mereka untuk turis. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku ya, sobat tiket. Agar perjalanan kamu lebih aman dan nyaman. Informasi lengkap mengenai kebijakan masing-masing negara bisa kamu lihat di sini.

Kawasan Transkontinental (Negara Lintas Benua)

Kawasan Transkontinental atau negara lintas benua merupakan negara-negara yang letak geografis atau wilayahnya berada pada 2 benua atau lebih. Seperti diantaranya adalah Asia-Australia, Asia-Eropa, Asia-Afrika, Eropa-Amerika Selatan-Afrika, Asia-Eropa-Afrika, dan sebagainya. Berikut ini negara-negara yang termasuk dalam Negara Lintas Benua.

1. Turki

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali_Blog

Pertama, ada Turki yang kembali membuka penerbangan domestik dan internasional nya nih, sobat tiket. Turki sendiri merupakan negara yang termasuk dalam kawasan Eurasia. Di mana 95% daratan Turki berada di Asia (Semenanjung Anatolia), dan sisanya termasuk dalam Eropa (Balkan).

Kamu tentu tahu kan, banyak banget tempat wisata menarik di Turki yang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja? 

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali_Blog

Seperti Blue Mosque, Topkapi Palace, Hagia Sophia, Bosphorus Bridge, Emirgan Tulip Garden, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata seru di sini. Jadi, menjadi kabar gembira nih mendengar Turki kembali membuka penerbangan untuk turis yang ingin berkunjung.

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali_Blog

Namun, ada sederet peraturan yang wajib banget kamu penuhi dan patuhi ya jika ingin ke negara ini. Berikut ini beberapa persyaratannya:

  • Semua penumpang penerbangan domestik harus mendapatkan kode HES (Hayat Eve Sığar) pribadi
  • Penumpang diharuskan memakai masker di bandara dan selama penerbangan.
  • Penumpang harus melengkapi formulir informasi penumpang saat tiba di Turki.
  • Khusus warga negara Indonesia yang masuk ke Turki dengan penerbangan dari Indonesia dan ingin Kembali ke Indonesia wajib menunjukkan tiket pulang.

Informasi selengkapnya mengenai kebijakan penerbangan ke Turki bisa dilihat di sini.

2. Mesir

Kamu yang sudah menunggu-nunggu waktu untuk bisa mengunjungi Mesir, kabar baiknya adalah negara ini kembali membuka negara mereka untuk turis. Mesir juga termasuk dalam negara yang berada di kawasan Transkontinental. Di mana sebagian besar wilayah negara Mesir terletak di Afrika Utara, sedangkan bagian timur lautnya terletak di Timur Tengah (Asia).

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali

Kamu yang mau pergi berlibur ke Mesir, ada sejumlah peraturan terkait COVID-19 yang wajib dipenuhi sebelum memasuki Mesir. Diantaranya sebagai berikut:

  • Pengunjung wajib menunjukkan “Public Health Card” yang sudah diisi kepada imigrasi pada saat kedatangan.
  • Penumpang yang datang dari Argentina, Australia, Bolivia, Brazil, Kanada, Chili, China, Paris, Frankfurt, Roma, Jepang, Korea, Meksiko, New Zealand, Thailand, Inggris, AS, Uruguay, Venezuela, dll, wajib memiliki hasil medis tercetak RT-PCR/Swab Test dengan hasil negatif. Tes dilakukan paling lambat 96 jam sebelum keberangkatan. Tidak berlaku untuk anak di bawah 6 tahun.
  • Penumpang selain dari negara yang disebutkan di atas, juga wajib menyertakan hasil medis tercetak, dengan hasil RT-PCR/Swab negatif. Paling lama 72 jam sebelum keberangkatan dengan penerbangan langsung ke Mesir.
  • Penumpang yang tiba di Hurghada (HRG), Marsa Alam (RMF), Sharm El Sheikh (SSH) atau Taba (TCP) tanpa hasil tes RT-PCR negatif COVID-19, wajib menjalankan tes PCR pada saat kedatangan dengan biaya sendiri.

Informasi selengkapnya mengenai persyaratan masuk Mesir bisa kamu baca di halaman ini atau di sini.

Benua Asia

1. Uni Emirat Arab (Dubai)

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali_Blog

Dubai kembali membuka negaranya untuk penerbangan luar negeri. Wisatawan bisa kembali berwisata ke Dubai dengan menjaga protokol kesehatan.

Saat di Dubai, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat populernya ya, sobat tiket. Mulai dari Burj Khalifa, Burj Al Arab, Jumeirah Beach, Dubai Fountain, Miracle Garden, dan sebagainya. Semua tempat-tempat wisata di sini menarik mata banget, deh!

Sejumlah peraturan ditetapkan oleh Pemerintah Dubai untuk perjalanan yang aman dan nyaman. Berikut beberapa diantaranya:

  • Penumpang harus memiliki sertifikat medis dengan hasil tes PCR COVID-19 negatif. Tes harus dilakukan paling lambat 3×24 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Penumpang harus men-download aplikasi COVID-19 DXB Smart sebelum sampai di Dubai (DXB) atau aplikasi ALHOSN sebelum sampai di Sharjah (SHJ).
  • Penumpang yang datang ke Dubai atau Sharjah wajib memiliki asuransi kesehatan. Informasi lengkap mengenai penerbangan ke Uni Emirat Arab (Dubai) bisa kamu temukan di sini.

2. Maldives

Liburan ke tempat yang lebih private? Sekarang Maldives mulai membuka kembali penerbangan internasional termasuk untuk Warga Negara Indonesia, lho. Sejumlah persyaratan pun mulai diperketat untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin luas. Berikut beberapa persyaratannya:

  • Turis harus memiliki konfirmasi reservasi hotel untuk seluruh masa inap di fasilitas wisata terdaftar.
  • Penumpang harus memiliki surat keterangan medis dengan hasil tes PCR negatif Coronavirus (COVID-19) paling lambar 4×24 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang harus melengkapi “Traveller Health Declaration” 24 jam sebelum kedatangan.

Persyaratan selengkapnya bisa kamu cek di halaman ini.

762297

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Maldives, pulau private dengan sejuta keindahan alam dan bawah lautnya. Kamu yang berencana untuk honeymoon, bisa menjadikan Maldives sebagai destinasi yang tepat lho, sobat tiket.

3. Sri Lanka

Sri Lanka kembali membuka negara mereka mulai 28 Februari 2021. Kamu yang ingin datang berwisata ke negara ini wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Penumpang yang masuk ke wilayah Sri Lanka untuk berwisata harus menunjukkan surat keterangan medis dalam bahasa Inggris yang sudah dicetak, berupa hasil tes PCR negatif Covid-19. Tes PCR harus dilakukan maksimal 96 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang harus memiliki polis asuransi jaminan kesehatan minimum 50.000 USD selama satu bulan.
  • Pengunjung wajib menyertakan konfirmasi reservasi hotel selama 14 hari, dan harus menjalani pemeriksaan medis pada saat kedatangan (biaya ditanggung pribadi).
  • Mengisi “Formulir Pernyataan Kesehatan” dengan lengkap, dan ditunjukkan pada saat kedatangan. Formulir dapat dilihat di sini atau di konter imigrasi.

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan ya, sobat tiket. Agar perjalanan kamu ke Sri Lanka tetap aman dan lancar. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan masuk Sri Lanka bisa kamu cek di halaman ini.

Benua Eropa

1. Inggris

wisata inggris kembali dibuka

Negara di Benua Eropa lainnya yang membuka kembali negara mereka untuk turis adalah Inggris. Tentunya sejumlah persyaratan ketat ditetapkan untuk wisatawan dari luar Inggris yang akan memasuki wilayahnya.

Berikut ini persyaratan yang wajib kamu penuhi sebelum memasuki Inggris:

  • Pengunjung wajib menyertakan surat keterangan medis (dalam bahasa Inggris, Spanyol, atau Perancis) yang menunjukkan hasil tes Antigen, LAMP, atau PCR negatif COVID-19. Tes dilakukan maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang yang transit ataupun datang di Inggris diharuskan mengisi Passenger Locator Form secara online, sebelum tiba di Inggris. Dapat dilihat di sini.
  • Pengunjung diwajibkan untuk mengunduh aplikasi NHS COVID-19, atau aplikasi pelacakan kontak yang berguna untuk mengetahui secara cepat terkait resiko penyebaran virus corona.
  • Bagi pengunjung yang datang dari luar Inggris, diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

Jika sobat tiket gagal untuk menunjukkan surat keterangan seperti yang disebutkan di atas, maka kamu akan dikenakan denda sebesar £500. Informasi terupdate terkait persyaratan masuk Inggris bisa kamu cek di sini.

Benua Amerika

1. Amerika Serikat

Kamu yang nggak sabar untuk bisa pergi ke Amerika, saat ini pemerintah AS menetapkan untuk membuka penerbangannya kembali untuk turis dari beberapa negara. Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa memasuki wilayah AS diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemerintah AS melarang penumpang yang melakukan transit ataupun pernah berada di negara negara dalam daftar ini dalam waktu 14 hari terakhir untuk transit atau masuk ke AS.
  • Warga Indonesia yang ingin ke AS bisa masuk dengan persetujuan kedutaan AS.
  • Penumpang harus memiliki surat keterangan medis hasil Tes Amplifikasi Asam Nukleat (NAAT) atau hasil tes Antigen COVID-19 negatif. Tes harus dilakukan maksimal 3 hari sebelum keberangkatan dan dibuat dalam bahasa Inggris.
  • Penumpang harus melakukan tes tambahan 3-5 hari setelah kedatangan, dan wajib melakukan isolasi mandiri dan memantau status kesehatan selama 7-14 hari.

Informasi lebih lengkap mengenai persyaratan masuk wilayah AS bisa kamu baca di halaman ini.

Benua Afrika

1. Afrika Selatan

Terakhir, ada Afrika Selatan yang juga telah membuat perbatasan negara mereka untuk turis. Afrika Selatan selalu dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan wisata satwa liar yang menarik.

Destinasi Internasional yang Dibuka Kembali

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke negara ini, perhatikan persyaratan-persyaratan di bawah ini:

  • Pendaratan hanya bisa dilakukan di Cape Town (CPT), Durban (DUR) atau Johannesburg (JNB).
  • Penumpang yang transit ataupun masuk ke Afrika Selatan wajib memiliki surat keterangan medis, dengan hasil tes PCR negatif COVID-19. Surat ini dikeluarkan paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang harus mengisi “Traveller Health Questionnaire” dan diserahkan di https://sa-covid-19-travel.info/ 2 hari sebelum keberangkatan.
  • Penumpang dan awak kabin wajib menjalani pemeriksaan medis. Khusus untuk awak kabin bisa menjalani tes COVID-19 pada saat kedatangan.

Meskipun sudah kembali dibuka untuk turis, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan ya, sobat tiket. Informasi lebih lengkap terkait persyaratan masuk ke Afrika Selatan bisa dilihat di sini.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Selama Berwisata

Sobat tiket yang memutuskan untuk kembali berlibur ke beberapa lokasi wisata yang sudah dibuka kembali, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya. Hal ini untuk memberikan kenyamanan serta keamanan kamu selama berada di tempat tersebut. Informasi lengkap mengenai kebijakan maskapai dan kebijakan negara bisa dilihat di sini.

Kamu yang ingin terbang ke destinasi domestik dan internasional, bisa pesan tiket pesawat di tiket.com. Nikmati berbagai promo dan fitur terbaik yang membuat perjalanan kamu semakin aman dan nyaman bersama tiket.com.



Informasi Wisata Borobudur dan Wisata Magelang, temukan informasi restoran dan cafe dekat candi Borobudur di Travelling Borobudur. Gudang informasi tempat nongkrong di Borobudur dan wisata keluarga dekat Candi Borobudur

Sumber by [author_name]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here